Pantai Seruni, Pantai Mini dengan Panorama Memukau

Jika kamu berkunjung ke pantai Pok Tunggal, tak ada salahnya sekalian datang ke pantai Seruni yang ada di sebelah timurnya.

Pantai Seruni masih sepi pengunjung, tetapi keindahan alam yang ia hadirkan begitu mempesona.

Kamu seakan berada di sebuah private beach dengan nuansa alam kental serta berudara sejuk.

Pantai ini cocok kamu gunakan untuk camping bersama teman-teman serta aktivitas seru lainnya, lho

Nah, bagi yang penasaran dengan pantai Seruni, yuk baca ulasannya sampai selesai, ya!

Tiket Masuk Pantai Seruni

Tiket masuk Rp 10.000
Parkir mobil Rp 10.000
Parkir motor Rp 5.000
Fasilitas Kamar mandi atau toilet, mushola, warung makan, gubuk-gubuk kecil untuk istirahat dan tempat parkir

Daya Tarik Pantai Seruni

Sumber: Bobobox

Menurut warga sekitar, nama pantai Seruni diambil dari bunga Seruni yang memiliki arti ‘emas’

Pantai ini dikelilingi oleh bukit batu kapur yang kuat serta keras dan bisa kamu naiki untuk melihat panorama pantai dari atas.

Namun, pastikan selalu berhati-hati karena jalan menuju bukitnya lumayan curam, ya.

Selain dikelilingi oleh bukit, pantai Seruni memiliki hamparan pasir luas berwarna kecoklatan.

Saat air laut surut, kamu dapat melihat berbagai macam biota laut tanpa perlu menggunakan kacamata selam karena airnya yang sangat jernih.

Beberapa biota laut yang bisa kamu lihat mulai dari ikan-ikan kecil, kerang, rumput laut hingga bulu babi.

Berbeda dengan pantai di gunungkidul lainnya, pantai Seruni memiliki pemandangan air terjun yang berasal dari tebing menjulang tinggi.

Hanya saja, air terjun ini bakal terlihat saat musim penghujan saja, guys

Aktivitas di Pantai Seruni

Aktivitas Pantai Seruni
Sumber: Orami

Selain memiliki daya tarik yang eksotis, pantai Seruni juga bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas seru.

Suasana pantai yang sepi dan berukuran kecil membuatmu seakan berada di sebuah tempat pribadi, lho

Kamu bebas melakukan aktivitas apa saja bersama teman-teman maupun keluarga.

Mulai dari bermain bola voli atau sepak bola di pasir, membuat istana pasir bersama anak-anak, hingga mengamati biota laut saat air laut surut.

Karena ombak pantainya tidak terlalu besar, kamu dapat mengajak anak-anak untuk bermain air di bibir pantai.

Bahkan, kamu pun bisa berenang bersama teman-teman, namun pastikan tetap memperhatikan gelombang ombaknya, ya.

Tentunya, pantai ini juga aman untuk kamu yang ingin mendirikan tenda.

Dengan begitu, kamu dapat camping bersama teman maupun keluarga sembari menikmati indahnya sunset dan sunrise.

Semua aktivitas yang kamu lakukan bisa diabadikan dalam sebuah foto, jadi pastikan membawa kamera dengan baterai penuh, guys

Spot Foto di Pantai Seruni

Spot Foto Pantai Seruni
Sumber: Nagan Tour

Bagi para pecinta fotografi yang hobi berburu spot foto, pantai Seruni menyajikan berbagai lokasi yang dapat dijadikan objek foto keren, lho

Mulai dari pemandangan pantai dari atas bukit, berfoto di atas pasir berwarna kecoklatan, hingga memotret tebing saat muncul air terjun.

Tak lupa, kamu juga dapat mengabadikan momen sunset dan sunrise yang terlihat memukau.

Gimana, seru banget, ‘kan?

Lokasi Pantai Seruni

Sumber: Visitingjogja

Lokasi: Tepus, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Lokasi pantai berada di Tepus, Gunungkidul Yogyakarta, tepatnya berada di sebelah timur pantai Pok Tunggal.

Kalau berangkat dari pusat kota Jogja, kamu harus menyiapkan stamina dan perbekalan yang cukup karena perjalanannya cukup jauh, yaitu sekitar 73 km atau 2 jam perjalanan.

Kondisi jalan menuju pantai ini masih terjal, tetapi sudah berupa jalanan semen dan bisa kamu akses menggunakan kendaraan pribadi, yaitu mobil dan motor.

Adapun rute menuju pantai Seruni bisa kamu mulai dari alun-alun Gunungkidul menuju pasar Hargosari.

Di pertigaan kedua setelah pasar, silakan ambil arah kanan menuju jalan Baron dan Karangrejek.

Saat berada di jalan Mulo, kamu cukup lurus saja sampai berada di jalan Kemiri melewati polsek Tanjungsari, jalan Kemadang dan tiba di pos Tempat Pemungutan Retribusi (TPR).

Selanjutnya, ketika melewati pertigaan, kamu bisa belok kiri dan di pertigaan pantai Kukup langsung belok kiri menuju pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Krakal, pantai Sundak dan pantai Indrayanti.

Lurus saja saat melewati pertigaan, lalu di pertigaan pantai Pok Tunggal, silakan belok kanan.

Nantinya, kamu akan menemukan pertigaan lagi, silakan belok ke arah kiri menuju pantai Seruni.

Bagaimana, rute perjalanannya cukup mudah ‘kan?

Kalau masih bingung, di perjalanan nanti bisa tanyakan saja kepada warga sekitar, pasti akan langsung diberi tahu dengan detail.

***

Itulah informasi seputar pantai Seruni yang bisa kamu ketahui sebelum datang langsung ke lokasi.

Pantai ini aman kamu datangi bersama keluarga, anak-anak serta teman-teman yang ingin healing ke tempat sejuk dan memanjakan mata.

Tentunya, kamu dapat nge-camp bareng dan melakukan berbagai macam aktivitas seru sepuasnya.

Selalu jaga kebersihan setelah beres berkemah dan hindari membuang sampah sembarangan, ya.