tempat beli oleh-oleh di jogja murah

20 Tempat Beli Oleh-Oleh di Jogja Murah, Lengkap, dan Terkenal

Sudah puas jalan-jalan di Jogja tapi serasa ada yang masih kurang? Pasti belum belanja oleh-oleh, bukan? Ada begitu banyak rekomendasi tempat beli oleh oleh di Jogja yang bisa kamu datangi.

Produk oleh-oleh yang dijual juga macam-macam dan semuanya adalah oleh-oleh khas Jogja.

Sebut saja Bakpia, pernak-pernik, kaos oblong, batik, miniatur candi, hingga kuliner khas seperti Gudeg di Jogja yang terkenal.

Dan tempat beli oleh oleh khas Jogja ini bisa kamu jumpai di hampir setiap sudut Kota Jogja. Lantas di mana sajakah lokasinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Rolasan akan berbagi rekomendasi tempat beli oleh oleh Jogja murah di Jogja buat kamu yang saat ini sedang berburu oleh-oleh. Dan berikut daftarnya.

Tempat Beli Oleh-Oleh di Jogja Murah dan Lengkap

1. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Tempat oleh-oleh Bakpia di Jogja

Tempat oleh-oleh Bakpia di Jogja yang kekinian ini bisa kamu temui di mana-mana karena ada banyak cabang Bakpia Kukus Jogja yang beroperasi di hampir setiap sudut kota.

Produk utamanya sendiri berupa bakpia kukus yang bisa dibilang berbeda dari segi rasa, tekstur, ukuran, dan kemasan dari bakpia pada umumnya.

Teksturnya lebih lembut dan empuk, mirip dengan tekstur roti atau kue bolu.

Kemudian untuk isiannya, ada beberapa pilihan varian, seperti kacang hijau, kacang merah, cokelat, dan keju.

Ukuran per buahnya juga lebih besar, dan dalam satu kotak kemasan mini berisi 5 buah bakpia dan kemasan travel pack berisi 10 buah bakpia.

Untuk harga, cukup terjangkau. Satu kemasan mini pack hanya berharga Rp24.500,00, sedangkan untuk satu kemasan travel pack, harganya Rp45.000,00.

2. Pusat Oleh Oleh Jogja Bakpia Pathok 25

pusat oleh-oleh terbesar di Jogja

Jika Bakpia Kukus Tugus Jogja sedang viral-viralnya, lain lagi dengan Bakpia Pathok 25. Selain terkenal, Bakpia Pathok 25 juga merupakan pusat oleh-oleh terbesar di Jogja.

Cabang dari pusat oleh-oleh Jogja Bakpia Pathok 25 ini sendiri ada di mana-mana.

Terutama di sekitaran jalan-jalan utama dan area pusat wisata.

Namun jika kamu ingin belanja langsung di tempat produksinya, kamu bisa kunjungi toko oleh-oleh pusatnya yang ada di dekat Malioboro.

Tepatnya di Jalan KS Tubun, Kadipaten, Kraton, Daerah Ngampilan.

Misal kebetulan kamu sedang jelajah wisata kuliner Jogja dekat Malioboro, kamu bisa sempatkan waktu sebentar untuk mampir ke gerai tempat beli bakpia di Jogjaini.

Pusat oleh-oleh ini tak hanya menjual aneka varian bakpia saja. Di sini, kamu juga bisa belanja jenis oleh-oleh lainnya, seperti yangko, geplak, dan jajanan tradisional khas Jogja lainnya.

Menariknya lagi, kamu akan mendapatkan diskon apabila membeli produk bakpia dalam jumlah banyak atau menggunakan jasa becak yang berjejer di depan gerai.

Tentu saja ini sangat menarik karena tak hanya memajukan UMKM saja, program semacam ini juga turut membantu kesejahteraan mata pencaharian warga setempat.

3. Cokelat Monggo

rekomendasi tempat beli oleh oleh di jogja

Inginkan oleh-oleh lain selain Bakpia tapi masih khas Jogja? Tenang, masih ada Cokelat Monggo yang bisa kamu jadikan pilihan.

Cokelat Monggo adalah produk olahan biji cokelat asli Nusantara, khususnya Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Bagaimana dengan kualitas rasanya? Jangan salah, kualitas rasanya tak jauh berbeda dari produk cokelat berkualitas nan mahal dari Belgia.

Sebab, Cokelat Monggo ini terbuat dari cokelat murni premium dan campuran bahan-bahan alami.

Rasanya juga unik karena menawarkan cita rasa kombinasi cokelat dan sari buah, seperti stroberi, mangga, dan durian.

Bahkan ada satu varian rasa yang bisa dibilang antimainstream namun tetap saja banyak peminatnya. Apa lagi jika bukan Cokelat Monggo rasa cabai merah.

Jika penasaran dengan semua varian rasa ini, langsung saja kunjungi toko dan pusat produksinya di Daerah Kotagede.

4. Dagadu Djokdja

tempat beli oleh oleh murah di jogja

Bali punya Joger, Jogja punya Dagadu. Ya, brand Dagadu ini memang sudah sangat terkenal dan bahkan sudah menggaung hingga ke kota-kota lain di luar Jogja.

Produk dari brand ini tak hanya berupa kaos oblong saja. Tetapi ada banyak sekali varian produk lainnya.

Contohnya adalah gantungan kunci, souvenir, topi, tas, dan masih banyak varian lainnya.

Harga tiap varian produknya juga beragam, dan pastinya masih sangat ramah di kantong.

Gerai Dagadu Djokdja yang ada di Gedongkuning biasanya akan lebih ramai saat libur akhir pekan atau saat musim liburan karena ada banyak wisatawan yang singgah untuk berbelanja.

Biasanya pusat oleh-oleh Jogja murah ini menjadi destinasi terakhir usai para wisatawan ini berkunjung ke sejumlah tempat wisata Jogja viral dan terkenal.

5. Gerabah Kasongan

pusat oleh oleh jogja 24 jam

Aneka produk kerajinan gerabah juga bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama.

Meski terkesan kurang praktis saat dibawa, produk gerabah ini tetap banyak peminatnya. Kamu bisa membeli beberapa untuk dipajang di rumah.

Produk gerabah di sini memiliki kualitas terbaik karena terbuat oleh bahan tanah liat dengan teknik pembuatan terbaik.

Rata-rata pembuatnya juga adalah para seniman lokal berbakat yang sudah sangat mahir dan berpengalaman, jadi pastinya semua produk gerabah di sini sangat recommended.

6. Hamzah Batik

tempat beli baju batik di jogja

Berbelanja batik juga tak kalah seru. Apalagi belanjanya di pusat oleh-oleh batik terbaik di Jogja, Hamzah Batik, yang lokasinya di salah satu sisi Jalan Malioboro.

Selain akan menemukan banyak sekali produk batik, baik pakaian pria, wanita, dan anak-anak, kamu juga akan menjumpai produk selain batik.

Misalnya berbagai jenis souvenir dan ornamen serta pernak-pernik kecil yang uniknya lagi semua produk ini bertemakan Jawa.

Tap lantainya juga ada semacam dupa terbakar dan juga bunga setaman sebagai pengharum ruangan alami.

Jadi, belanja berjam-jam di tempat beli oleh-oleh di Jogja akan terasa nyaman berkat nuansanya yang tenang dan beraroma wangi.

Usai puas memborong batik di toko oleh-oleh Jogja ini, kamu bisa lanjut jelajah wisata ke tempat wisata terdekat seperti Titik Nol KM atau ke Museum Sonobudoyo.

Sonobudoyo mungkin bisa jadi opsi terbaik terutama buat kamu pecinta museum tour.

Museum di Jogja dekat Malioboro ini pamerkan berbagai koleksi karya seni dan budaya Jawa.

7. Pasar Klithikan

Pasar Klithikan

Mungkin tempat yang satu ini cocok buat kamu yang hobi berburu barang-barang antik yang murah. Lokasinya di Daerah Wirobrajan, tepatnya di Pakuncen.

Jenis barang yang dijual sangat beragam. Bahkan barang-barang unik atau barang-barang langka yang kini sudah tidak dipoduksi lagi.

Tapi pastikan untuk memeriksa barangnya terlebih dahulu sebelum membelinya. Pastikan arang yang kamu beli dalam kondisi layak.

Bila perlu, lakukan tawar-menawar agar mendapat tawaran harga terbaik.

8. Sunday Morning UGM

Sunday Morning UGM

Ya, pasar dadakan seperti Sunday Morning UGM juga bisa kamu kunjungi untuk berburu oleh-oleh.

Meski bukan termasuk lapak pusat oleh-oleh, banyak wisatawan yang beramai-ramai ke sini untuk berbagai barang unik untuk dibawa pulang.

Memang sebagian besar lapak di Sunmor UGM ini menjual berbagai jajanan dan barang kebutuhan mahasiswa yang murah meriah.

Namun terkadang ada beberapa lapak yang menjual barang-barang unik yang mungkin hanya dijual di Sunmor.

Contohnya kain atau pakaian dengan pola etnik, sepatu dan totebag lukis, perhiasan batu akik, kerajinan topi, dan handmade crafts.

Kamu pasti akan tertarik karena selain unik, harganya juga murah dan masih bisa ditawar, loh.

9. Kerajinan Perak Kotagede

Kerajinan Perak Kotagede jogja

Kamu penyuka perhiasan? Wajib kunjungi pusat kerajinan perak di Kotagede. Ada banyak gerai atau toko perhiasan perak yang menawarkan aneka model perhiasan perak yang cantik dan modis.

Selain perhiasan, tentu ada pilihan produk kerajinan perak lainnya seperti miniatur patung, candi, dan objek terkenal lainnya yang beragam ukuran dan harganya.

Jangan salah, kerajinan perak ini juga diminati oleh wisatawan mancanegara, loh. Jadi, siap-siap bersaing dengan para bule untuk bisa dapatkan produk perak yang jadi incaran kamu.

10. Taman Pintar Bookstore

toko oleh-oleh jogja malioboro

Jogja juga terkenal dengan julukan surganya pecinta buku karena banyak toko buku murah, juga sering ada event pameran buku.

Kamu pecinta buku, saat sedang liburan di Jogja, tidak ada salahnya untuk menambah koleksi buku kamu dengan mendatangi toko-toko buku yang tersebar di Jogja.

Salah satunya adalah Taman Pintar Bookstore yang lokasinya tepat di belakang tempat wisata ramah anak, Taman Pintar.

Toko buku ini sangat luas dan menjual berbagai macam buku, mulai dari buku bacaan ringan hingga buku mata pelajaran dan buku induk perkualiahan.

Siap-siap dapatkan diskon hingga 20 persen jika kamu borong buku di toko yang sama.

Kamu juga akan mendapatkan tawaran sampul buku murah hanya dengan membayar Rp5.000,00 per buku.

11. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Nama Beringharjo tentu sangat familiar, bukan? Tentu saja familiar karena memang sangat terkenal sebagai salah satu tempat beli oleh-oleh khas Jogja terlengkap.

Hampir semua jenis produk bisa kamu temui di sini. Mulai dari pakaian, batik, tas, sepatu, souvenir, oleh-oleh makanan, wedang tradisional, dan masih banyak lainnya.

Beringharjo juga dikenal sebagi tempat beli baju batik di Jogja termurah karena kamu bisa memborong baju batik dengan harga grosir.

Jika kamu pandai menawar, jangan ragu untuk manfaatkan keahlian menawar kamu agar mendapatkan harga terbaik.

Sangat disarankan untuk memilih waktu terbaik untuk berbelanja di sini. Misalnya pagi atau sore hari sebelum Beringharjo tutup.

Kemudian malam harinya kamu bisa isi ulang energi kamu dengan kulineran di spot kuliner malam Jogja dekat Malioboro, seperti di area foodcourt Teras Malioboro.

12. Toko Djoen

toko oleh-oleh jogja terdekat

Yang satu ini tak lain adalah toko oleh-oleh legendaris di Jogja karena sudah beroperasi sejak tahun 1930-an.

Toko Djoen sendiri adalah toko roti tertua di Jogja yang hingga kini masih eksis dan masih laris manis oleh pembeli.

Bahkan popularitasnya telah sampai di telinga wisatawan, sehingga tak sedikit wisatawan yang kerap mampir ke toko ini untuk berbelanja produk rotinya.

Salah satu varian produk rotinya yang paling terkenal adalah roti pisang yang terus diproduksi sejak tahun 1959 silam.

Kini tak hanya roti pisang saja yang bisa kamu borong. Masih ada beberapa varian roti lezat lannya, seperti roti nanas, roti kacang, roti tawar, roti gambang, dan aneka camilan kering.

Harganya murah meriah, mulai dari Rp7.000,00. Tertarik untuk mengunjunginya? Datang saja ke Jalan Margo Mulyo Nomor 78, Ngupasan, Gondomanan.

13. Toko Oleh-Oleh Khas Jogja Bu Tini

Toko Oleh-Oleh Khas Jogja Bu Tini

Kalau kamu ingin cari oleh-oleh jajanan tradisional khas Jogja, Toko Oleh-Oleh Khas Jogja Bu Tini wajib jadi rekomendasi utamanya.

Toko oleh-oleh Jogja lengkap ini menjual aneka macam jajanan kering khas Jogja dan juga beberapa jenis makanan khas Jogja yang tahan lama.

Sebut saja contohnya wajik, jenang, bakpia, tape, yangko, geplak, gethuk, rambak, keripik paru, sale pisag, dan masih banyak lainnya.

Kalau berminat berbelanja jajanan tradisional khas Jogja, datangi saja tokonya di Jalan Mataram Nomor 194, Suratmajan, Danurejan, Kota Jogja.

14. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Kamu juga bisa bawa pulang gudeg sebagai oleh-oleh, loh. Beli saja di Gudeg Yu Djum yang kini hadirkan gudeg kering dalam kemasan kaleng.

Kamu juga bisa memesan gudeg basah dengan kemasan khsusus seperti kemasan kendil atau kemasan besek yang aman dan tahan lama hingga beberapa jam.

15. Yangko Pak Prapto

Yangko Pak Prapto

Oleh-oleh khas Jogja tak melulu soal Gudeg dan Bakpia. Masih ada pilihan oleh-oleh lainnya yang tak kalah khas. Sebut saja contohnya yangko.

Di Jogja ada satu tempat beli oleh-oleh khusus yangko yang sangat terkenal di Jogja. Nama tokonya adalah Yangko Pak Prapto.

Yangko legendaris ini sudah terjamin akan kualitasnya karena bahan-bahan pembuatnya adalah tepung beras ketan premium.

Teksturnya lembut dan kenyal seperti mochi dan berwarna-warni. Hanya saja yangko ini berbentuk kotak dengan balutan kertas putih semi transparan sebagai pembungkusnya.

Toko oleh-oleh ini rupanya sudah ada sejak tahun 1912 dan saat ini masih terus berjualan dengan generasi keempat sebagai pemiliknya.

Dari dulu hingga sekarang, toko ini konsisten menjual yangko berbagai rasa, seperti original, wijen, kacang tanah, stroberi, dan cokelat.

16. Geplak Mbok Tumpuk

Geplak Mbok Tumpuk

Kuliner geplak adalah jajanan tradisional asli Bantul yang bahan utamanya gula jawa dan parutan kelapa.

Bnentuknya bulat tak beraturan dan warna-warni. Rasanya super manis dan gurih.

Satu porsi geplak biasanya dikemas dalam wadah berupa besek ukuran kecil atau sedang.

Buat kamu yang belum pernah mencobanya, kamu bisa membeli oleh-oleh geplak ini di toko Geplak Mbok Tumpuk yang sudah terjamin akan kualitasnya.

Toko yang buka sejak tahun 1977 ini hanya ada di Bantul, dan tidak buka cabang di tempat lainnya.

Sekarang ini produk Geplak Mbok Tunmpuk ini telah berinovasi dengan menawarkan banyak varian rasa.

Diantaranya adalah geplak rasa stroberi, cokelat, dan pandan.

17. Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah Tempe Mbah Carik

Sekarang kamu akan diajak cari oleh-oleh di Daerah Ngaglik, Sleman. Ada oleh-oleh tradisional yang bernama Jadah Tempe.

Jadah adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran beras ketan dan kelapa dan sedikit garam.

Jadah Tempe Mbah Carik sangat autentik dan konsisten dari segi rasa karena menggunakan resep asli yang diwariskan hingga ke keturunan generasi keempat sekarang.

Di sini, kamu bisa membeli jadah lengkap dengan tahu atau gembus bacem.

Jika ingin membelinya dalam jumlah banyak, nanti akan dikemas dalam besek berbaga ukuran.

Kini juga sudah tersedia produk paket Jadah Mbah Carik frozen yang pastinya bisa awet hingga beberapa hari.

18. Thiwul Manis Pak Lambang

Thiwul Manis Pak Lambang

Makanan dari singkong ini kini juga sudah terkenal di kalangan wisatawan, terutama kalangan ibu-ibu atau bapak-bapak yang memang dulunya mengenal kuliner ndeso ini.

Thiwul sendiri terkenal sebagai kuliner pengganti nasi di Gunung Kidul. Terdapat 2 jenis thiwul, yakni thiwul manis dan thiwul asin.

Thiwul asin biasanya disantap dengan lauk pauk sederhana, seperti tahu dan tempe goreng, sambal, dan lalapan.

Namun kini wisatawan lebih menyukai thiwul bercita rasa manis karena varian rasanya menarik dan sesuai dengan selera anak muda sekarang.

Adapun pilihan varian rasanya ada cokelat, pandan, keju, kopi, nangka, dan tak ketinggalan varian rasa original yang dominan manis dari gula jawa.

Jika ingin berbelanja thiwul yang enak, berkualitas, dan murah, ada satu rekomendasi toko thiwul yang terjamin kualitasnya, yakni Thiwul Manis Pak Lambang.

Selain Thiwul manis, di sini kamu juga akan menjumpai pilihanm produk oleh-oleh lainnya, seperti gathot, gaplek, dan jajanan tradisional khas Gunung Kidul lainnya.

19. Keripik Mbok Sajinem

Keripik Mbok Sajinem

Kamu juga bisa membeli aneka keripik di Keripik Mbok Sajinem sebagai camilan untuk perjalanan pulamg setelah puas liburan di Jogja.

Variannya sungguh banyak, akan tetapi yang paling terkenal adalah keripik belut yang kriuk dan gurih.

Selain bisa kamu jadikan sebagai camilan, keripik belut ini juga bisa buat kamu jadikan sebagai lauk tambahan.

Untuk varian keripik lainnya, ada keripuk usus, bayam, peyek kacang, keripik ubi jalar, emping, keripik pisang, bbahkan ada keripik mangga, loh.

20. Geblek Pari Nanggulan

Geblek Pari Nanggulan

Jika kebetulan sedang jalan-jalan di tempat wisata di Kulon Progo, pulangnya jangan lupa mampir ke Geblek Pari Nanggulan yang sangat khas itu.

Geblek inis adalah makanan tradisional asli Kulon Progo yang terbuat dari tepung tapioka. Sekilas mirip dengan cireng asli Jawa Barat.

Geblek akan semakin nikmat ketika disantap bebarengan dengan tempe atau tahu bacem. Atau bisa juga kamu santap dengan tambahan cocolan saus kacang yang gurih dan manis.

Itulah beberapa rekomendasi tempat beli oleh-oleh di Jogja yang menjual aneka ragam produk oleh-oleh khas Jogja yang berkualitas.

Silahkan tentukan toko oleh-oleh mana yang akan kamu datangi terlebih dahulu, atau sesuaikan saja dengan jenis produk oleh-oleh favorit yang paling kamu inginkan.

Semua nama toko oleh-oleh ini adalah rekomendasi terbaik yang sudah terjamin kualitasnya.

Harganya juga variatif, mulai dari harga termurah hingga lumayan mahal menyesuaikan jenis produk yang kamu beli.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top